Pages

Minggu, 25 Maret 2012

Tutorial Upgrade ROM / Flashing Atom Life

Ada dua versi upgrade ROM yang saya ketahui dan pernah saya praktekkan.
1. Official Rom from O2 WWE_RC2140907B2
Setahu saya O2 dan penerusnya MWG sampai saat ini belum mengeluarkan rom upgrader WM 6.1. Dan memang perusahaan ini bisa dibilang pelit untuk urusan upgrade rom dibandingkan dengan perusahaan lain seperti DOPOD dan HTC. Keluaran rom terakhir untuk Xda O2 Atom Life adalah versi WWE_RC2140907B2 pada bulan September 2007.
Bagi yang ingin upgrade Atom Life ke versi ini berikut langkah-langkahnya :
Persiapan
* Download file ROM Upgrade yang sesuai dengan type dan merek PDA anda dari www.seeO2.com dan simpan dalam folder tertentu di PC,
* Bila PC anda bersistem operasi Windows XP/2000 yakinkan bahwa anda sudah menginstal ActiveSync 4.5 atau versi yang lebih baru. Pada sistem operasi Windows Vista yakinkan bahwa Windows Device Center telah terinstal dalam PC. Baik Windows XP/2000 maupun Vista harus sudah bisa sinkron antara PC dan PDA.
Proses Upgrade
* Pastikan baterai dalam kondisi full charge, (minimal terisi 60%, dianjurkan agar full charge)
* Soft Reset PDA dan tutup semua aplikasi yang ada di PC (agar tidak terjadi PC Hang dan menagakibatkan proses upgrade terhenti)
* Restart PC dan jangan jalankan aplikasi lain untuk memberi prioritas pada proses upgrade,
* Hubungkan PDA melalui kabel data langsung ke port USB, jangan gunakan USB hub,
* jangan putuskan hubungan antara PDA dengan PC selama proses upgrade berlangsung,
* jangan buka aplikasi apapun di PC selama proses upgrade.
* Jalankan file upgrade Rom yang telah didownload, klik “Allow – I trust this program, I know where it’s from or I’ve used it before”, bila terdapat peringatan dari System Windows.

* Tekan Upgrade Button untuk memulai proses upgrade.
* Pada layar PC akan muncul jendela DSUU-InstallShield Wizard
* Tekan/klick Next,
* Akan muncul jendela berikutnya yang menmyuruh anda reset dan memastikan PDA telah terkoneksi dengan PC via ActiveSync, bila anda yakin telah melakukannya, klik Next.
* Proses selanjutnya adalah verifikasi type dan versi Rom, bila tidak cocok PC akan memberi warning, bila cocok langsung saja klik Upgrade.
* Proses upgrade berlangsung sekitar 30 menit.

* Setelah proses selesai/komplit PC akan menampilkan jendela Congratulations, klik Finish dan Reset PDA Anda.
WARNING : SEKALI LAGI JANGAN PUTUSKAN HUBUNGAN ANTARA PDA DENGAN PC SELAMA PROSES BERLANGSUNG!!!! BILA ADA KESALAHAN BIARKAN PROGRAM YANG MEMBERI PERINGATAN DAN MERESTORE KEMBALI ROM ASLI ANDA!!!
Untuk informasi lebih detail, silahkan klik www.seeO2.com
2. Upgrade ROM Kukingan Melalui Memory Card (MiniSD)
Selain ROM versi resmi/official yang dikeluarkan oleh O2 / MWG, dikenal juga ROM lain hasil Cookingan/racikan para amatir atau hobies yang biasa mangkal di forum.xda-developers, diantaranya PDAVIET. Bila offisial ROM biasanya menggunakan media PC untuk proses upgrade, mereka memilih menggunakan media storage/miniSD untuk proses upgrade. Langkah-langkah upgradenya lebih sederhana, seperti berikut :
1. Download file ROM upgrde yang sesuai dengan type dan merk PDA anda. Biasanya file masih dalam format RAR, extraklah file tersebut (menjadi AL1.DIO) dan tempatkan di PC anda.
2. Format MiniSD maksimal 2GB (artinya 2GB ke bawah) dengan format FAT (menggunakan PC) atau FAT-16 (menggunakan PDA). Kapasitas lebih kecil lebih direkomendasikan.
3. Copykan file AL1.DIO ke MiniSD dan jangan isi file lain ke dalam MiniSD.
4. Pastikan kondisi baterai minimal 70% terisi.
5. Masuk ke Boatloader, tekan tombol Record (di atas tombol Camera) dan tahan sambil menusuk tombol reset dengan stylus satu dua detik, lepaskan tombol reset hingga muncul tulisan *******MiniSD Detected******* lepaskan tombol Record.
6. Proses upgrade berlangsung, di layar ditampilkan prosentase proses upgrade. Setelah 100% otomatis PDA akan reset dan ROM anda sudah terupgrade.
Demikianlah step by step proses upgrade ROM baik yang versi offisial maupun versi kukingan.

Selamat Mencoba......

0 komentar:

Posting Komentar